PT Jasa Marga

Di era modern seperti sekarang ini jalan tol menjadi salah satu infrastruktur penting yang harus dimiliki suatu negara, termasuk Indonesia tentunya, dan ada salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berperan dalam bidang pengusahaan jalan tol tersebut yaitu PT Jasa Marga. Oleh karena itu ada baiknya kita mengenal sekilas tentang profil dan sejarah perusahaan ini, yuk kita simak saja uraian singkatnya!
Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) ini didirikan pada tanggal 01 Maret 1978 dan memulai kegiatan usaha komersialnya pada tahun 1978. Perusahaan BUMN ini berkantor pusat di Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta 13550. Sebagai Badan Usaha Milik Negara tentu saja pemegang saham mayoritas Jasa Marga adalah Negara Republik Indonesia, dengan persentase kepemilikan sebesar 70,00%. Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan Jasa Marga adalah turut serta melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan dan program Pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, khususnya pembangunan dibidang pengusahaan jalan tol dengan sarana penunjangnya dengan menerapkan prinsip-prinsip perusahaan terbatas. Hingga saat ini, Jasa Marga telah mengoperasikan 26 ruas jalan tol yang dikelola oleh 9 Kantor Cabang. Selain itu, Jasa Marga juga menjalankan usaha lain melalui cabang berupa pengelolaan rest area di jalan tol dan SPBU dan penyelenggara pelatihan dan pengembangan SDM. Selain cabang, Jasa Marga juga memiliki anak usaha melalui PT Jasa Layanan Pemeliharaan menjalankan usaha jasa konstruksi, perdagangan dan persewaan kendaraan dan PT Jasamarga Properti menjalankan usaha pembangunan, penjualan dan jasa properti.

Pada tanggal 1 Nopember 2007, Jasa Marga memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham JSMR (IPO) kepada masyarakat sebanyak 2.040.000.000 saham Seri B dengan nilai nominal Rp500,- per saham dengan harga penawaran Rp1.700,- per saham. Saham saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 12 Nopember 2007. Pada JSMR terdapat saham Seri A yang mempunyai hak istimewa tertentu sebagai tambahan atas hak yang diperoleh Pemegang Saham Seri B. Hak istimewa tersebut mencakup hak khusus untuk mencalonkan anggota direksi dan komisaris dan untuk memberikan persetujuan atas: peningkatan modal, perubahan anggaran dasar, penggabungan, peleburan, dan pengambilalihan, pembubaran dan likuidasi, pengangkatan dan pemberhentian anggota direksi dan komisaris.

Demikianlah uraian singkat tentang profil dan sejarah singkat tentang PT Jasa Marga, dan diharapkan perusahaan BUMN ini mampu memberi pelayanan kepada masyarakat dengan baik serta membangun berbagai ruas jalan tol sesuai dengan yang dibutuhkan.