Toyota Motor Corporation

Para penggemar otomotif atau pengguna mobil mungkin sudah tak asing lagi dengan nama Toyota, ya pabrikan mobil terbesar dan terkenal di dunia asal Jepang in didirikan pada September 1933 sebagai divisi mobil Pabrik Tenun Otomatis Toyoda, yang kemudian pada 27 Agustus 1937 dipisahkan, maka terciptalah Toyota Motor Corporation hingga sekarang ini.
Tidak seperti kebanyakan perusahaan otomatif lain yang menggunakan nama pendirinya seperti Ford yang didirikan oleh Henry Ford atau Honda Motor yang didirikan oleh Soichiro Honda.
Sementara nama Toyota dikukuhkan hanya karena alasan lebih enak penyebutannya daripada memakai nama keluarga pendirinya yakni Toyoda.

Toyota Motor Corporation terus berkembang pesat dibawah komando sang pendiri Klichiro Toyoda, dengan semangat ia melakukan berbagai inovasi dan menjadikan Toyota sebagai penghasil kendaraan tangguh. Pada era 1940-an, Toyota sibuk mengembangkan permodalan diantaranya dengan memasukkan perusahaan Toyota di lantai bursa Tokyo, Nagoya dan Osaka. Pada tahun 1947, Toyota berhasil menjual hingga 100.000 kendaraan di dalam negeri. Pada tahun 1950 Toyota sukses membuktikan diri sebagai perusahaan yang menghasilkan kendaraan serba guna tangguh, diantaranya dengan mengembangkan prototipe Land Cruiser yang terinspirasi oleh kendaraan Jeep. Masih di tahun 1950, Toyota juga mendirikan Toyota Sales co, Ltd yang merupakan anak perusahaan dari Toyota Motor Co, Ltd yang bergerak di bidang penjualan, pemasaran dan distribusi Toyota. Pada tahun 1951, Land Cruiser pertama model BJ pun secara resmi diluncurkan dan mencapai hasil yang luar biasa saat melakukan uji coba kendaraan yang dilakukan oleh Ichiro Taira sang test driver, dan selanjutnya Toyota Land Cruiser ini mampu menandingi dominasi Jeep Willys di pasaran. Toyotapun terus masuk ke pasar-pasar di berbagai negara, termasuk di Indonesia yang dikenal sebagai Toyota Hardtop Land Cruiser FJ40/45, bahkan di pasar yang sulit ditembus seperti Amerika Utara, Toyota dapat diterima.

Selain Toyota Land Cruiser, pabrikan asal Jepang ini juga mengembangkan model sedan kecil yang juga sangat diminati. Toyota mengeluarkan model Publica pada tahun 1961, kemudian pada tahun 1966 meluncurkan Toyota Corolla, sedan yang berukuran mungil ini adalah generasi awal yang menggunakan penggerak belakang, mengubah tatanan sedan bongsor yang populer pada saat itu menuju ke arah sedan kecil yang kompak, irit dan ringkas. Corolla masuk dalam generasi ketiga dan terjual lebih dari 5 juta unit pada tahun 1975. Sampai sekarang hal yang menakjubkan itu tetap kokoh, mesin mobil corolla ini kemudian digunakan sebagai mesin untuk kendaraan niaga keluarga serbaguna di Indonesia yang dikenal dengan Toyota Kijang setelah pada generasi awal sempat bernama Toyota Buaya.

Langkah fenomenal terus dilakukan oleh Toyota, pada tahun 1990-an, Toyota Celica berhasil menjadi juara rally dunia, yang diikuti oleh Toyota Camry menjadi mobil terlaris di Amerika Serikat, kedua prestasi Toyota itu tentu saja menjadi pembuktian bahwa mobil Jepang mampu bersaing dengan mobil Amerika dan Eropa.
Pada tahun 1999 Toyota mengakuisisi saham Daihatsu sebesar 51,19 persen, lalu pada tahun 2001 saham Hino pun dibeli sebesar 50,11 persen.

Berikut ini sekilas profil dari Toyota Motor Corporation:

Industri :
Otomotif, Bioteknologi, Robotik dan Finansial

Jenis :
Publik

Pendiri :
Klichiro Toyoda

Berdiri :
Tahun 1937

Kantor Pusat :
Tokyo, Jepang
Toyota City, Jepang

Produk :
Mobil/otomotif

Produksi :
7.308.039 unit (2011)

Pendapatan ;
¥355,62 Milyar (2012)

Laba Bersih :
¥283,55 Milyar (2012)

Karyawan :
324.747 orang (2012)

Motto :
Moving Forward

Situs web :
Toyota Worldwide.