PT. Sido Muncul

Perusahaan jamu ini awalnya adalah sebuah industri rumah tangga yang dikelola Ny.Rahkmat Sulistioningsih pada tahun 1940 di Yogyakarta, lalu pada tahun 1951 keluarga Ny. Rakhmat Susistioningsih pindah ke Semarang, di sana mereka mendirikan pabrik jamu yang sederhana dan ternyata produknya diterima secara luas oleh masyarakat. Seiring makin berkembangnya pabrik tersebut maka modernisasi pabrik juga merupakan suatu hal yang mendesak.

Pada 1984, PT. Sido Muncul memulai modernisasi pabriknya, dengan merelokasi pabrik sederhananya ke pabrik yang representatrif dengan mesin-mesin modern, kemudian Pada tanggal 11 November 2000, PT Sido Muncul kembali meresmikan pabrik baru di Ungaran yang lebih luas dan modern. Peresmian dilakukan oleh Menteri Kesehatan waktu itu, dan pada saat itu pula PT Sido Muncul memperoleh 2 penghargaan sekaligus, yakni Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) setara dengan farmasi, dan sertifikat inilah yang menjadikan PT. Sido Muncul sebagai salah satu pabrik jamu berstandar farmasi. Lokasi pabrik sendiri terdiri dari bangunan pabrik seluas 7 hektar, lahan Agrowisata ,1,5 hektar, dan sisanya menjadi kawasan pendukung lingkungan pabrik.
Pada tanggal 10 Pebruari 2010 telah dilakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik bahan baku herbal seluas 3.000 m2. Tentu saja ini sebuah perjalanan bisnis yang mengagumkan yang dirintis dari industri rumah tangga hingga menjadi Perusahaan Jamu terkemuka di Indonesia.