Negara Belanda

Negara yang terletak di Benua Eropa ini secara astronomis berada di 50 LU - 53 LU dan 30 BT- 70 BT, beriklim laut sedang dengan batas wilayah Laut Utara di Utara dan Barat, Jerman di Timur dan Belgia di Selatan.
Belanda mempunyai banyak julukan, diantaranya Negeri Kincir Angin, Negeri Seribu Tanggul dan Negara Bunga Tulip. Di Negara yang beribu kota Amsterdam ini banyak tanah rendah yang dikawal oleh dijk dan dinding laut, sebagian kawasan Belanda mesti direklamasi, misalnya di daerah Flevoland. Kawasan yang direklamasi itu disebut Polder.
Belanda berusaha mengeringkan air laut dengan membuat tanggul-tanggul buatan dan pintu-pintu air dengan menggunakan pompa yang digerakkan melalui kincir angin, air laut dikeluarkan sehingga menjadi daratan yang dapat digunakan untuk lahan pemukiman dan pertanian. Banyak kincir angin dan tanggul inilah yang membuat Belanda dikenal dengan sebutan negeri kincir angin dan negeri seribu tanggul.

Di bidang Ekonomi, Belanda termasuk negara yang maju, Aktivitas ekonomi utama negera ini adalah Produksi makanan, bahan kimia, minyak dan produksi mesin listrik.
Belanda berada di urutan ketiga dalam daftar negara pengekspor makanan terbesar di bawah Amerika Serikat dan Perancis.
Hasil lainnya dari negeri ini adalah, dari pertambangan berupa gas alam, minyak bumi, batubara dan garam. Lalu dari hasil Industri diantaranya adalah Industri baja, industri galangan kapal, industri tekstil dan industri alat transportasi. Sementara itu Belanda juga mrngimpor Kopi, rempah-rempah, teh, tembakau, tapioka, minyak dan karet.

Di bidang sosial, Belanda memiliki tiga suku bangsa yaitu Friz di bagian Barat Laut, suku Sacsis di bagian Utara dan Timur Laut dan suku Frankis di bagian Selatan. Jumlah penduduknya pada tahun 2010 sekitar 16.500-an jiwa, dengan 97% suku bangsa Belanda dan sisa yang 3% adalah bangsa Indonesia dan Suriname. Bahasa yang digunakannya adalah bahasa Belanda (Frisia), agama yang dianut mayoritas Katholik Roma. Bentuk pemerintahannya Monarki Konstitusional dengan Kepala Negara seorang Ratu.

Berikut ini adalah profil dari Negara Belanda :

* Nama Asli : Koninkrigke Der Nederlanden
* Ibukota : Amsterdam
* Bentuk Negara : Kerajaan
* Bahasa Nasional : Bahasa Belanda (Frisia)
* Kepala Negara : Ratu
* Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri
* Mata Uang : Euro (dulu golden)
* Lagu Kebangsaan : Wilhelmus Van Nassauwe
* Agama Mayoritas : Katholik Roma
* Jumlah Penduduk : 16.607.543 (2008).