Joko Widodo (Jokowi)

Nama Joko Widodo atau lebih dikenal dengan panggilan Jokowi di tahun 2013 ini kian fenomenal saja, setelah sukses meraih kursi nomor satu di DKI Jakarta pada tahun 2012 yang lalu, kini namanya menjadi calon terkuat sebagai Presiden Indonesia. Dari hasil survei yang dilakukan oleh berbagai lembaga survei namanya selalu berada paling atas dengan prosentase yang cukup jauh dari calon lainnya. Jokowi mengungguli nama-nama beken lainnya seperti Prabowo Subianto, Megawati Soekarnoputri, Wiranto, Aburizal Bakrie, Jusuf Kalla dan tokoh nasional lainnya. Meskipun dari hasil survei namanya selalu berada di atas, sejauh ini Jokowi belum menyatakan secara lisan kesiapannya untuk maju sebagai calon presiden dan mengikuti pilpres tahun 2014 mendatang, sepertinya Jokowi menunggu keputusan partainya yakni PDIP yang diketuai oleh Megawati.

Untuk mengenal lebih dekat lagi sosok Joko Widodo, berikut ini adalah sekilas profil dan sejarah Joko Widodo yang lebih sering dipanggil dengan sebutan Jokowi:


Tempat tanggal lahir:
Surakarta, 21 Juni 1961.

Agama:
Islam.

Pendidikan:
SDN 111 Tirtoyoso Solo, SMPN 1 Solo, SMAN 6 Solo, Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta lulusan tahun 1985.

Karir:
Pendiri Koperasi Pengembangan Industri Kecil Solo pada tahun 1990, kemudian menjadi Ketua Bidang Pertambangan & Energi Kamar Dagang Dan Industri Surakarta, pada tahun 1992-1996.
Menjadi Ketua Asosiasi Permebelan dan Industri Kerajinan Indonesia Surakarta pada tahun 2002-2007. Karir Politik tokoh yang berprofesi sebagai pengusaha mebel ini melejit setelah sukses menjadi walikota Solo sampai dua periode yakni tahun 2005-2015, namun masa jabatannya tidak tuntas karena ia akhirnya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Oktober 2012 setelah sebelumnya memenangi
pemilukada DKI.