Tuesday 19 November 2013

Cadillac

Perusahaan otomotif ini terlahir justru saat ditinggalkan oleh tokoh otomotif dunia Henry Ford, saat hendak dilikuidasi, backer finansial William Murphy dan Lemuel Bowen memanggil insinyur Henry M. Leland dari Leland & Faulconer Manufacturimg Company untuk menaksir harga jual perusahaan itu sebelum menjualnya.
Namun Leland justru menyarankan agar melanjutkan bisnis perusahaan ini dengan menggunakan mesin single-silinder yang dimiliki Leland., dan perusahaan ini akhirnya diberi nama baru yakni Cadillac Automobile Company pada tanggal 22 Agustus 1902, nama Cadillac tersebut diambil dari nama seorang penjelajah Perancis abad ke 17 yakni Antoine Laumet de la Mothe, Sieur de Cadillac.. Selanjutnya pada tahun 1905 Leland & Faulconer Manufacturing dan Cadillac Automobile Company pun bergabung.
Kemudian sejak tahun 1909 perusahaan mobil asal Amerika Serikat ini menjadi bagian dari General Motor dan bermarkas di Kota Detroit, Michigan.

Cadillac memang ditujukan untuk membuat mobil-mobil mewah dengan teknik yang presisi sejak awal didirikannya, mobil-mobil buatan mereka merupakan salah satu mobil dengan pengerjaan terbaik di Amerika Serikat. Pada tahun 1908 Cadillac melakukan penggunaan suku cadang secara bersamaan, tentu saja hal ini menjadi sebuah penemuan penting dalam dunia otomotif. Cadillac juga adalah Produsen mobil pertama yang menciptakan kendaraan dengan atap tertutup secara penuh pada tahun 1910. Kemudian Cadillac menemukan sistem elektrikal untuk mengontak mobil sistem pemantik dan sistem penerangan pada tahun 1912.
Pada tahun 1915 Cadillac memperkenalkan mesin V8 90 derajat yang mampu mengeluarkan tenaga 70 horsepower (52 kw) di 2400 rpm dan torsi 180 ft.lbf (240 Nm). Mobil ini dapat menembus kecepatan 65 mil/jam dan menjadi kendaraan tercepat pada waktu itu.
Cadillac juga menjadi pionir untuk crankshaft V8 dual-plane pada tahun 1918. Dan pada tahun 1930, Cadillac memasang mesin V-16 untuk pertama kalinya dengan overhead valve 45-derajat, 452 inchi kubik, bertenaga 165 horsepower (123 KW), di Amerika mesin tersebut menjadi salah satu mesin paling bertenaga dan paling halus.

Berikut profil singkat Cadillac:

Industri :
Mobil

Berdiri :
1902

Produk :
Mobil Mewah

Slogan :
Life, Liberty, And The Pursuit

Induk :
General Motors (1909-sekarang)

Situs web :
www.cadillac.com

Kantor Pusat :
Detroit, Michigan.

0 komentar:

Post a Comment