Honda Motor Company

Honda Motor Company adalah perusahaan produsen mobil, sepeda motor, skuter dan kendaraan segala medan (ATV) yang berasal dari Jepang. Selain bergerak di bidang otomotif, Honda juga memproduksi generator listrik, peralatan taman dan mesin kelautan.
Perusahaan ini berdiri pada tanggal 24 September 1948, pendirinya adalah Soichiro Honda.
Sejak tahun 1959 Honda merupakan produsen sepeda motor terbesar di dunia, Honda juga menjadi produsen mesin pembakaran dalam terbesar dengan produksi lebih dari 14 juta unit tiap tahunnya. Pada tahun 2001 Honda berhasil menggeser Nissan sebagai produsen mobil kedua terbesar di Jepang. Hondapun mampu menggusur Chrysler untuk menjadi pabrikan mobil terbesar keempat di pasar Amerika Serikat sementara di tingkat dunia, Honda menjadi pabrikan mobil terbesar keenam.

Di tahun 2014, Honda mulai memproduksi motor diesel yang sangat tenang dan tidak membutuhkan penyaring untuk dapat melewati standar polusi. Langkah fenomenal Honda terus berlanjut dengan keberhasilannya menjadi pabrikan mobil pertama yang meluncurkan merek mobil mewahnya Acura di Amerika Utara, jenis mobil yang terkenal dengan daya tahan dan jarang rusak. Sementara
Di Indonesia, Honda lebih dikenal dengan sepeda motornya.

Honda Motor Company bermarkas di ibukota Jepang, Tokyo, saham mereka diperdagangkan di Bursa Saham Tokyo, Bursa Saham New York, juga diperdagangkan di Nagoya, Osaka, Fukuoka, Kyoto, London, Paris, Swiss dan Sapporo.

Berikut ini profil singkat dari Honda Motor Company :

Industri :
Otomotif dan Aeronautika

Jenis :
Perusahaan Publik

Berdiri :
24 September 2013

Pendiri :
Soichiro Honda

Daerah layanan :
Seluruh dunia

Produk :
Mobil, Motor, Skuter, ATVs, Generator elektrik, Marine Equipment, Jet, Mesin Jet, Lawn and Garden Equipment serta Robot.

Pendapatan :
¥7,948 triliun (2012)

Laba Usaha :
¥231,36 milyar (2012)

Laba bersih :
¥211,48 milyar (2012)

Jumlah aset :
¥11,780 triliun (2012)

Jumlah ekuitas :
¥4,402 triliun (2012)

Karyawan :
179.060 orang (2012)

Slogan :
''The Power of Dreams"

Anak Perusahaan :
Honda Aircraft Company, Acura.

Situs web :
Honda Worldwide

Kantor Pusat :
Minato, Tokyo, Jepang.