Manchester City FC

Manchester City Football Club adalah sebuah klub sepak bola dari Inggris yang bermain di Liga Premier Inggris. Klub yang berjuluk The Citizen ini mulai disegani baik dikancah liga inggris maupun Eropa beberapa tahun terakhir ini, dan Mulai mengusik hegemoni klub sekota Manchester United. Manchester City bermarkas di Stadion Etihad, Manchester.

Manchester City memulai pertandingan pertamanya pada bulan November 1880. Pada waktu itu masih bernama St Mark's (West Gorton). Pada tahun 1887 berubah nama menjadi Ardwick A.F.C, dan pada tahun 1894 berubah menjadi Manchester City F.C.

Manchestet City telah memenangi Liga Inggris sebanyak 3 kali, Piala FA 4 kali, Piala Liga Inggris 2 kali, dan Piala Winners Eropa 1 kali. City sempat mengalami periode tersukses pada era akhir tahun 1960-an dan awal 1970-an. Pada saat itu City di bawah asuhan manager Joe Mercer dengan asistennya Malcolm Allison dan beberapa pemain seperti Colin Bell, Mike Summerbee dan Francis Lee.

Namun Mulai tahun 1980-an City mengalami fase penurunan yang berpuncak pada degradasi ke tingkat ketiga sistem liga sepak bola Inggris pada tahun 1998 untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka. Pada waktu era Liga Primer Inggris pertama kali dibentuk tahun 1992, City adalah salah satu pendirinya. Tetapi prestasi klub tidak kunjung membaik, bahkan City harus terdegradasi kembali ke tingkat kedua hingga 2 kali, sementara di ajang Piala FA sejak bergulirnya Liga Primer Inggris, prestasi terbaik City hanya sampai pada perempat-final.
Setelah mengakhiri liga di musim 2006-07 pada posisi empat belas, musim berikutnya prestasi klub mulai merangkak naik. Pertengahan tahun 2007 klub resmi menjadi milik milyarder Thailand yang ambisius, yang juga adalah mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra. Tapi kepemilikan Thaksin tidak berlangsung lama. Karena dituduh kasus korupsi di negeranya, akhirnya pada September 2008 Thaksin menjual kepemilikan klub kepada pengusaha yang juga anggota keluarga kerajaan Abu Dhabi, Uni Emirat Arab yaitu Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan.

Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan kemudian menghabiskan ratusan jutaan poundsterling untuk membeli pemain kelas atas agar klub menjadi kompetitif. Kesuksesan Mulai diraih oleh City setelah pada tahun 2011, Manchester City lolos ke Liga Champions UEFA dan memenangkan Piala FA. Keberhasilan ini mencapai puncaknya dengan menjuarai Liga Premier Inggris 2011-12.
Sejak saat itu Manchester City tampil konsisten dengan selalu berada di jajaran papan atas liga primer Inggris, di Liga Championspun City Mulai mengalami kemajuan setelah untuk pertama kalinya pada tahun 2014 berhasil lolos dari fase penyisihan grup, meski akhirnya harus terhenti di babak selanjutnya oleh Barcelona.