Juventus FC

Para pecinta liga Italia tentu mengenal nama Juventus, ya klub yang biasa dipanggil Juve ini adalah sebuah klub sepak bola profesional asal Italia yang berbasis di kota Turin, Piedmont, Italia. Berdiri pada tahun 1897 sebagai Sport Club Juventus oleh sekelompok siswa muda Torinese, Juventus telah mengarungi beragam sejarah manis, dengan pengecualian kejadian musim 2006–07, di Liga Italia Serie A. Klub ini sendiri merupakan salah satu anak perusahaan dari FIAT Group, yang saat ini dimiliki oleh keluarga Agnelli, dan membawahi perusahaan-perusahaan lain seperti Fiat Automobile, tim F1 Scuderia Ferrari, Ferrari Corse, dan Maserati Automobile.

Dalam sejarah, Juventus tercatat sebagai klub paling sukses di sepak bola Italia, secara keseluruhan, Juve telah memenangkan lima puluh lima gelar resmi di pentas nasional dan internasional, lebih dari klub Italia lainnya: rekor dua puluh sembilan gelar liga, rekor sembilan piala Italia, rekor enam piala super nasional, dan dengan sebelas gelar dalam konfederasi dan antar-konfederasi kompetisi (dua Piala Interkontinental, dua Liga Champions UEFA, satu Piala Winners UEFA, rekor tiga Piala UEFA, satu Piala Intertoto UEFA dan dua Piala Super UEFA).

Juventus juga menjadi salah satu klub sepak bola Italia dengan jumlah fans terbesar dan diperkirakan ada 170 juta orang didunia yang juga menjadi fans Juve. Klub ini menjadi salah satu pencipta ide European Club Association, yang dulu dikenal dengan nama G-14, yang berisikan klub-klub kaya Eropa. Klub ini juga menjadi penyumbang terbanyak pemain untuk tim nasional Italia.

Juventus menjadi klub pertama dalam sejarah sepakbola Eropa yang mampu memenangkan tiga kompetisi utama yang diselenggarakan oleh UEFA yaitu Liga Champions Eropa (dulu piala Champions), Piala Winners (sekarang tak ada) dan Piala UEFA.

Sejak 2006 klub ini bermarkas di Stadio Olimpico di Torino setelah sebelumnya bermarkas di Stadion Delle Alpi yang dirobohkan dan dibangun ulang sebagai stadion baru bernama Juventus Stadium. Dan pada awal September 2011, Juventus resmi menggunakan stadion baru tersebut.