Thursday 15 May 2014

Negara Malaysia

Kali ini kita bahas negara-negara tetangga yuk, pada postingan kali ini kita awali dari negeri jiran Malaysia, negara yang berbentuk negara federasi yang terdiri dari tiga belas negara bagian dan tiga wilayah persekutuan di Asia Tenggara dengan luas 329.847 km persegi.
Malaysia itu Ibukotanya adalah Kuala Lumpur, namun pusat pemerintahan persekutuannya ada di Putrajaya. Populasi penduduk Malaysia telah mencapai angka 27 juta jiwa lebih.
Malaysia terbagi dalam dua wilayah yaitu wilayah Malaysia Barat dan Malaysia Timur (sebagian wilayah Kalimantan) yang terpisah oleh Kepulauan Natuna, Indonesia di Laut Cina Selatan. Wilayah Malaysia berbatasan dengan Thailand, Indonesia, Singapura, Brunei, dan Filipina. Negara ini terletak di dekat khatulistiwa dan beriklim tropika. Kepala negara Malaysia adalah Yang di-Pertuan Agong dan Kepala pemerintahannya adalah seorang Perdana Menteri. Sistem pemerintahan Malaysia mirip dengan sistem parlementer Westminster.
Malaysia sebagai negara persekutuan tidak pernah ada sampai tahun 1963. Sebelumnya, sekumpulan koloni didirikan oleh Britania Raya pada akhir abad ke-18, dan paro barat Malaysia modern terdiri dari beberapa kerajaan yang terpisah-pisah. Kumpulan wilayah jajahan itu dikenal sebagai Malaya Britania hingga pembubarannya pada tahun1946, ketika kumpulan itu disusun kembali sebagai Uni Malaya. Karena semakin meluasnya tentangan, kumpulan itu lagi-lagi disusun kembali sebagai Federasi Malaya pada tahun 1948 dan kemudian meraih kemerdekaan pada 31 Agustus 1957.

Pada 9 Agustus 1965 Singapura yang sebelumnya masuk dalam bagian negara Federasi Malaysia dikeluarkan dan menjadi negara merdeka yang bernama Republik Singapura. Pada tahun-tahun awal pembentukan federasi baru Malaysia sempat terlibat konflik dengan Filipina dan konflik militer dengan Indonesia.
Ekonomi malaysia mengalami pertumbuhan yang signifikan sejak awal tahun 90-an sehingga menjadikan negara ini menjadi negara industri baru. Suku Melayu menjadi bagian terbesar dari populasi Malaysia. Terdapat pula komunitas Tionghoa-Malaysia dan India-Malaysia yang cukup besar, Bahasa Melayu dan Islam masing-masing menjadi bahasa dan agama resmi negara.

Malaysia adalah anggota perintis ASEAN, Tergabung dalam negara D-8 dan turut serta di berbagai organisasi internasional, seperti PBB.Sebagai bekas jajahan Inggris, Malaysia juga menjadi anggota Negara-Negara Persemakmuran.

Demikianlah profil dan sejarah singkat negara Malaysia, semoga bermanfaat.