Alfamart

Mendengar nama Alfamart tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga kita, Alfamart adalah sebuah perusahaan ritel yang merupakan pesaing berat bagi Indomaret. Nah kali ini kita akan menggambarkan secara singkat profil dan sejarah Alfamart, sebelum bernama Alfamart. Perusahaan ini bernama PT Alfa Mitramart utama yang didirikan Pada tanggal 27 Juni 1999 oleh PT. Alfa Retailindo, Tbk dan PT. Lancar Distrindo. Toko pertamanya dengan nama Alfa Minimart didirikan pada tanggal 18 Oktober 1999 di Jalan Beringin Raya, Karawaci, Tangerang.

Kepemilikan PT Alfa Mitramart Utama beralih ke PT Sumber Alfaria Trijaya yang sahamnya dimiliki oleh PT HM Sampoerna Tbk (70%) dan PT Sigmantara Alfindo (30%) pada tanggal 1 Agustus 2002.

Dan akhirnya mulai tanggal 1 Januari 2003, nama Alfa Minimart berubah menjadi Alfamart. Pada bulan Januari 2009, PT. Sumber Alfaria Trijaya menggelar penawaran umum saham perdana atau Initial Public Offering (IPO).
Sampai sekarang Alfamart menjadi salah satu perusahaan ritel atau minimarket terkemuka, persaingannya dengan Indomaret benar-benar seru, head to head! sampai ada istilah dimana ada Indomaret maka disitu ada Alfamart.