Thursday 12 June 2014

Garuda Food

Anda tentu mengenal dan kemungkinan besar pernah merasakan makan kacang garuda, yap kacang garuda adalah sebuah produk terkenal dari Garuda Food grup, sebuah perusahaan papan atas di bidang makanan. Oleh karena tidak ada salahnya kita mengenal tentang profil dan sejarah perusahaan ini.
Garuda food Group yang awalnya adalah PT. Tudung didirikan di Pati, Jawa Tengah oleh Almarhum Darmo Putro, Beliau adalah mantan pejuang yang memilih untuk terlibat dalam sektor bisnis setelah Indonesia Merdeka. Pada awal 1987 , TPJ mulai menjual produk kacang tanah dengan menggunakan merek Kacang Garing Garuda, yang kemudian dikenal sebagai Kacang Garuda. Dalam perjalanannya Kacang Garuda telah meraih beberapa penghargaan diantaranya Indonesian Customer Satisfaction Award ( ICSA ) untuk kategori kacang bermerek selama 14 kali berturut-turut ( 2000-2013 ), Superbrands (2003 – 2004), Top Brand for Kids (2004), Indonesian Best Brand Award ( IBBA, 2004– 2013) dan Top Brand ( 2007 – 2013 ).

Pada saat perekonomian nasional dilanda krisis ekonomi, pada Desember 1997, PT Garuda Food Jaya (GFJ) didirikan, dengan memproduksi Gery merek biskuit. Gery Saluut, salah satu produk biskuitnya berhasil meraih Indonesian Best Brand Award (IBBA) dari MARS dan Majalah SWA untuk periode 2005-2011 untuk kategori wafer salut. Pada 2007-2013 Gery Chocolatos meraih IBBA untuk kategori wafer stick. Pada tahun 1998 Garuda Food mengakuisisi PT Triteguh Manunggal Sejati (TRMS), produsen jeli dan meluncurkan produk jeli dengan merek Okky dan Keffy. Pencapaian Okky jelly telah dibuktikan oleh keberhasilan dalam mendapatkan Top Brand for Kids Award 2004 untuk kategori jelly. Selain Top Brand for Kids, Okky Jelly juga berhasil mendapatkan IBBA (2005-2012). Okky jelly Drink juga meraih Top Brand Award 2007-2013 dari Majalah Marketing bekerjasama dengan Frontier. Pada akhir tahun 2002, TRMS meluncurkan produk minuman jeli dengan merek Okky Jelly Drink dan merupakan fase baru bagi GarudaFood untuk masuk di bisnis minuman. Keseriusan Garuda Food dalam memfokuskan pada bisnis minuman juga menjadi semakin jelas dengan diluncurkannya Mountea, minuman teh rasa buah. Mountea bahkan telah meraih IBBA 2007-2013 untuk kategori minuman teh dalam kemasan cup, Majalah SWA & Frontier Survey Foundation juga memberikan penghargaan ICSA pada tahun 2010 dan juga berhasil meraih Word of Mouth Marketing Award (WOMMA) yang diberikan oleh Majalah SWA pada tahun 2011 & 2012. GarudaFood juga memproduksi Snack dengan merek Leo, untuk kategori Keripik kentang, keripik pisang, keripik singkong produk dimulai dari akhir tahun 2005. Pada 2007-2011 Leo meraih IBBA penghargaan untuk kategori keripik kentang. Di tingkat nasional, GarudaFood juga dinilai positif dan dianggap sebagai salah satu perusahaan makanan dan minuman yang dikagumi. Survei dilakukan oleh Frontier dan Majalah Business Week Indonesia di Jakarta dan Surabaya pada 2005 – 2011 hal tersebut menunjukkan bahwa GarudaFood berhasil berada di posisi ketiga dan posisi ke-2 dalam makanan & kategori di 2012-2013 dari Indonesia Most Admired Company (IMAC) GarudaFood juga aktif melakukan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) di bawah bendera GarudaFood Sehati. Untuk mempercepat pencapaian visinya, pada 2011 GarudaFood Group mendirikan perusahaan Join Venture difokuskan pada pengembangan minuman bekerjasama dengan Suntory Beverage & Food di divisi minuman non-alkohol Sekarang, semua potensi yang didukung oleh lebih dari 18 ribu karyawan yang memiliki knowledge dan competency yang tinggi menjadi modal utama GarudaFood dalam upaya untuk terus maju dan berkembang untuk sukses sebagai perusahaan yang berkelanjutan.

Demikianlah profil dan sejarah singkat PT. Garuda Food yang bersumber dari www.garudafood.com, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment