Negara Singapura

Halo sobat pembaca, kali ini kita akan bahas secara singkat tentang sejarah dan profil negara Singapura yang merupakan negara tetangga kita, Singapura adalah sebuah negara republik yang memisahkan diri dari Malaysia pada tanggal 9 Agustus 1965 dan merupakan negara terkecil di Asia Tenggara yang terletak pada antara 1,15° Lintang Utara dan 104° Bujur Timur. Panjang wilayahnya kurang lebih sekitar 42 km dan lebarnya kurang lebih sekitar 23 km sebelum adanya reklamasi. Sebagian besar merupakan dataran rendah dan rawa-rawa yang merupakan hutan mangrove (bakau). Di bagian barat laut terdapat bukit-bukit yang rendah. Bukit yang tertinggi adalah bukit timah (177 m). Dengan Malaysia dibatasi selat Johor yang sempit. Sungai-sungai di Singapura sangat pendek, yang terpanjang adalah sungai Selatar dengan waduk selatarnya.
Penduduk Singapura terbagi dari berbagai suku bangsa seperti Bangsa Cina 76,8%, Melayu 14,6%, India, Pakistan dan Bangladesh 6,4% dan lain-lainnya 2,2%.

Berikut ini adalah profil negara Singapura :

* Ibukota : Singapura
* Luas Wilayah : Sekitar 618 km2
* Bentuk Pemerintahan : Republik
* Hari Kemerdekaan : 9 Agustus
* Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri
* Lagu Kebangsaan : Majulah Singapura
Jumlah Penduduk : 5,31 juta (Juni 2012).
* Bahasa : Melayu, Inggris, Cina dan Tamil
* Agama : Islam, Konghucu, Kristen, Hindu dan Budha.
* Mata Uang : Dollar Singapura (Sin $).
* Bandar Udara Internasional : Changi
* Maskapai Penerbangan : Singapore Airlines (SIA).

Demikianlah uraian singkat tentang profil dan sejarah Singapura yang merupakan salah satu negara termaju di kawasan Asia Tenggara, semoga bermanfaat.