Negara Arab Saudi

Nana asli negara Arab Saudi adalah Al Hamlaka Al Arabia As Saudiyah dengan ibukota Riyafh. Terletak di semenanjung Arab, yaitu semenanjung yang terluas di dunia. Kerajaan ini didirikan oleh Abdul Aziz bin Rahman Al Saud pada tanggal 23 September 1932. Yang merupakan penyatuan dua kerajaan, Kerajaan Hezaz, di sebelah Barat dan Kesultanan Hejed di sebelah Timur.
Arab Saudi saat ini dikenal sebagai negara yang kaya berkat minyak bumi yang terpancat dari dalam tanahnya, dan menjadi salah satu negara petrodolar di Timur Tengah selain Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain dan Kuwait.

Batas-batas wilayah Arab Saudi di sebelah utara berbatasan dengan Yordania, Irak dan Kuwait. Di sebelah barat berbatasan dengan Laut Merah, di sebelah selatan berbatasan dengan Oman dan Yaman, disebelah timur berbatasan dengan Teluk Persia dan Uni Emirat Arab.
Arab Saudi terletak di Asia Barat, secara astronomi berada antara 15° LU - 32° LU dan 34° BT - 57°BT dengan luas wilayah 2.253.000 km.
Wilayah Saudi Arabia terdiri dari dataran tinggi pasir dan batu. Dataran rendah yang sempit terletak di sepanjang pantai Teluk Persia dan pegunungan terdapat di sepanjang Laut Merah dan Laut Arab. Dibagian Utara terdapat gurun Nefud yang luas bersambung dengan gurun Rub al Khali di bagian Selatan.
Negara ini beriklim darat yang kering, hujannya sangat jarang. Perbedaan suhu waktu siang dengan malam sangat besar. Di mana pada siang hari temperaturnya sangat tinggi dan sebaliknya pada malam hari sangat dingin karena tidak ada awan penghalang pelepasan panas dari bumi dan penghalang sinar matahari ke bumi.
Curah hujan sangat sedikit hanya jatuh di sepanjang Laut Merah, makin ke arah timur dan utara hujannya semakin berkurang karena daerahnya merupakan bayangan hujan.

Mengenai vegetasi alamnya di pantai Laut Merah berupa semak-semak, dan padang rumput serta tumbuhan gurun. Tanaman kurma ditanam di daerah Oase untuk menanggulangi kekurangan air. Pemerintah membangun pabrik pensadahan air laut di Kota pelabuhan Al Wajh, Duba, Alkhafji, dan Al Khabar. Di tengah gurun hanya ada sungai yang berair pada waktu hujan saja yang disebut wadi. Kadang-kadang terdapat pula wahah atau Oase yaitu daerah subur karena ada mata air. Oase ini menjadi pelabuhan para kafilah di tengah perjalanannya di padang pasir.

Dengan didapatnya minyak bumi maka kemakmuran penduduk terjamin. Kegiatan saat ini bergerak di sekitar pertambangan minyak yang terdapat di Teluk Persia. Pabrik penyulingannya ada di Kota pelabuhan Dhahran, yang kemudian minyak ini diekspor ke Amerika.Serikat, Rusia, Eropa Barar dan Jepang. Usaha penambangan dilakukan oleh ARAMCO (Arab American Company) yang merupakan kerjasama antara kedua negara tersebut untuk mengeksploitasi minyak bumi. Kota Industri lainnya adalah KotaJubail dan Yambo. Selain itu dikembangkan pula pabrik petrokimia, pabrik baja, pabrik peleburan aluminium dan pabrik desalinasi (mengubah air laut menjadi air tawar). Berkat adanya air tawar ini maka pertanianpun berkembang. Bukan saja menghasilkan sayuran dan buah-buahan tetapi juga pepohonan dan rumput penghijau kotapun telah menjadi penghias penyejuk mata. Demikian berharganya pepohonan ini sehingga dilindungi undang-undang, barang siapa berani menebang akan dianggap melakukan kejahatan besar.

Dari kegiatan pertanian yang utama menghasilkan gandum, jelai sebagai makanan pokok. Daerah pertanian utamanya adalah daerah pegunungan di Selatan yang menghadap ke Laut Merah. Tanaman yang utama adalah kopi (kopi arabica), kurma dan gandum. Keadaan lingkungan alam menyebabkan pertanian tidak dapat dikembangkan secara baik. Hasil pertanian yang dapat diekspor adalah kurma.
Peternakan lebih diusahakan oleh orang-orang bedouin, dengan jenis ternak yang utama antara lain adalah unta,kambing dan biri-biri. Hasilnya berupa susu, wol dan kulit. Sementara itu sektor perikanan lebih fokus di daerah Teluk Persi.

Kebanyakan penduduk Arab Saudi tinggal di daerah oase dan hidup dari pertanian, di samping itu ada juga yang hidup mengembara atau nomaden, dan menjadi buruh di perusahaan minyak bumi di kota-kota. Mayoritas penduduknya beragama Islam dengan bahasa nasionalnya adalah bahasa Arab. Penduduk Arab sebenarnya termasuk bangsa kulit putih yang digolongkan ke dalam bangsa Smith. Percampurannya dengan orang-orang Habsy serta pengaruh iklim menyebabkan kulit mereka menjadi kemerah-merahan.

Berikut ini adalah sekilas profil dari negara Arab Saudi :

* Luas Wilayah : 2.253.000 km2
* Ibukota : Riyadh
* Bentuk Pemerintahan : Kerajaan
* Kepala Negara : Raja
* Lagu Kebangsaan: Salam ila Al-Maliki
* Jumlah Penduduk : 25.795.938 jiwa (2013)
* Bahasa : Arab
* Agama Mayoritas : Islam
* Mata Uang : Real
* Maskapai Penerbangan : Saudi Air.

Demikianlah postingan kita kali ini mengenai profil negara Arab Saudi, semoga bermanfaat.