Negara Filipina

Filipina pernah dijajah oleh Spanyol sejak 1521 dan pada tanggal 12 Juni 1898 Emilio Aquinaldo memproklamasikan Filipina, yaitu ketika Spanyol kalah perang oleh Amerika Serikat, tapi ternyata Filipina bukan merdeka, karena berdasarkan perjanjian Paris, Desember 1898, Amerika Serikat menjajah Filipina. Namun akhirnya Filipina meraih kemerdekaan dari Amerika Serikat pada tanggal 4 Juli 1946. Hari kemerdekaannya diperingati pada tanggal 12 Juni, sedang tanggal 4 Juli diperingati sebagai Hari persahabatan antara Filipina dengan Amerika Serikat. Itulah kenapa orang Filipina banyak menggunakan nama Spanyol namun gaya hidup dan sistem politiknya seperti Amerika Serikat.

Filipina terletak antara 4° LU - 21° LU dan 116° BT - 227° BT di sebelah Utara Indonesia. Wilayah dibatasi dengan Laut Sulawesi dengan Indonesia, laut Cina Selatan dengan Benua Asia. Filipina merupakan Negara kepulauan yang terdiri dari kurang lebih 7.000 Pulau. Yang termasuk pulau-pulau besar adalah Pulau Luzon, Mindanao, Palawan, Negros, Panay, Samar, dan Mindoro. Pulau terbesarnya adalah Pulau Luzon dan yang kedua adalah Pulau Mindanao. Gunung berapi juga banyak di Filipina, di antaranya adalah Gunung Apo (di P. Mindanao), Gunung Mayon (Luzon), Gunung Pulog (Luzon) dan Gunung Taal (Luzon). Karena banyaknya gunung berapi tanah di Filipinapun menjadi subur, tapi juga sering dilanda gempa bumi dan letusan gunung berapi.
Filipina beriklim muson laut tropic. Hujan turun antara bulan Juli hingga November, bagian Barat paling banyak hujannya, sebaliknya di bulan November - Juli banyak turun hujan di bagian Timur. Bagian Utara dan Tengah sering dilanda angin topan yang sering di sebut dengan nama Nancy atau Bagulo.

Penduduk asli Filipina adalah suku bangsa Negrito, namun mereka terdesak oleh pendatang hingga banyak berdiam di pedalaman. Yang terbesar adalah penduduk keturunan Spanyol. Kemudian suku bangsa Melayu yang terdiri dari suku bangsa Igorot, Fhilipino dan Moro. Lalu ada suku bangsa Mestia yang merupakan campuran antara bangsa Melayu dengan Spanyol yang sekarang disebut suku bangsa Philipina.
Agama Kristen Katolik Roma menjadi agama terbesar di Filipina dengan Jumlah 82%, sementara agama Islam dianut oleh bangsa Moro. Bahasa nasionalnya adalah bahasa Tagalog dan Inggris, tetapi banyak penduduk yang menggunakan bahasa Spanyol dan Portugis.

Filipina adalah negara agraris, hasil pertanian yang utama adalah kopra dan serat manila yang merupakan terbesar di dunia. Hasil pertanian lainnya adalah gula, tembakau, karet, padi, jagung, rotan, damar, nenas dan pisang.
Perikanan juga merupakan mata pencaharian yang penting. Kepulauan Sulu merupakan tempat penangkapan.ikan terbesar, disini juga tempat penangkapan kerang mutiara. Kota Zambongu di Pulau Mindanao merupakan pelabuhan mutiara yang terkenal.
Beberapa hasil tambangnya adalah emas dan perak di Baguio dan Buntok (Luzon Tengah), Besi di Surigao, P. Panay dan P. Samar, Batubara di P. Cebu, Chrom di P. Lambalas (terbesar di dunia). Hasil tambang lainbya adalah tembaga, mangaan, timah putih, timah hitam dan aspal.

Berikut ini adalah Profil singkat Filipina :
* Luas Wilayah : 300.324 km2
* Ibukota : Manila
* Bentuk Pemerintahan : Republik
* Hari Kemerdekaan : 12 Juni
* Kepala Negara : Presiden
* Lagu Kebangsaan : Lupang Hinirang
* Jumlah Penduduk : 105.720.644 jiwa (Juli 2013)
* Bahasa : Tagalog dan Inggris
* Agama Mayoritas : Kristen Katolik Roma
* Mata Uang : Peso
* Bandar Udara Internasional : Ninoy Aquino
* Maskapai Penerbangan : Philippines (PAL).